Kamis, 03 November 2011

BANJIR DI PONTIANAK







Sumber : http://wahyunikurniasari.blogspot.com/2011/05/banjir.html

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di Pontianak  pada setiap menjelang akhir tahun. banjir ini mengakibatkan banyak kerugian seperti rusaknya jalan-jalan yang ada di kota, rusaknya kendaraan dan berbagai hal lainnya. Di pontianak sendiri daerah yang sering mengalami banjir begitu banyak seperti daerah tanjung raya, sekitar pasar flamboyan, TPI dan masih banyak lainnya. Kondisi ini di akibatkan oleh cirah hujan yang tinggi, pasangnya sungai kapuas, global warming yang mengacaukan iklim, semakin buruknya lingkungan yang ada di kalimantan Barat, serta daya tampung air yang kecil.
Banjir ini membawa penderitaan yang selalu berulang di mana penduduk harus pintar-pintar menyelamatkan barang- barang meraka bila air sudah sampai masuk ke dalam rumah. Selain itu banjir membawa berbagai penyakit karena air yang tersebar merupakan air yang tercampur dengan berbagai limbah industri atau rumah tangga.
Seharusnya pemerintah harus cepat melakukan antisipasi datangnya banjir ini karen banjir ini bukan merupakan banjir dadakan melainkan banjir musiman yang  tiap tahunnya terjadi. Bila seandainya kondisi hutan yang ada di kalimantan tetap terjaga maka peristiwa banjir ini mungkin tidak akan terjadi karan kalimantan barat memiliki kondisi pohon berakar tuntang  yang jauh masuk ke dalam tanah, sehingga membuka pori-pori tanah yang mampu lebih banyak menyerap air.

0 komentar:

Posting Komentar