Kamis, 03 November 2011

DAMPAK INDUSTRI KELAPA SAWIT



Kelapa sawit merupakan bahan pokok pembuat minyak, namun dalam prosesnnya banyak terjadi ketidak ramahan lingkungan. Pertama, dalam penanaman pohon kelapa sawit di perlukan lahan yang tidak kecil. Dan untuk memperoleh lahan yang luas, maka diperlukan penebangan pohon dalam skala yang besar. Penebangan pohon itu akan menyebabkan banyak permasalah. Terutama pada keindahan alam dan pada fungsi pohon itu sendiri. Yang seharusnya pohon berfungsi untuk menyerap air ketika hujan, namun karena telah di tebang untuk keperluan indusri maka fungsi pohon itu akan berkurang. Kedua, dalam proses industry menghasilkan limbah yang akan mencemari lingkungan. Terkadang ada perusahaan yang tidak mau mengeluarkan biaya tambahan untuk mengolah limbah tersebut agar lebih aman. Karena bioaya tambahan itu akan mengakibatkan kecilnya keuntungan mereka. Ini merupakan suattu masalah besar.
                Dalam proses industry kelapa sawit terdapat banyak pro dan kontra. Kelapa sawit menghasilkan minyak yang sangat di butuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Namun dalam prosesnya juga dapat merugikan kehidupan manusia. Terutama limbahnya tadi, bila limbah tersebut tidak diolah kembali maka akan Membuat lingkungan tercemar.
                Bagaimana menanggulanginya ? mungkiin itu yang kita sebagai masyarakat awam fikiirkan. Semua itu kembali lagi pada perusahaan yang megolah. Para industry akan lebih memilih mengeluarkan “uang tutup mulut” daripada harus mengeluarkan dana untuk mengolah limbah kembali. Masyarakat banyak yang tidak peduli akan masalah ini. Karena mereka berfikir  “untuk apa difikirkan ? ngga penting banget!”. Kebanyakan mereka berfikir seperti itu, bagi mereka masalah itu hanya urusan pemerintah serta instansi yang terkait.
                Seharusnya masyarakat turut serta dalam mengatasi ini. Karena dampak limbah ini di rasakan oleh masyarat itu sendiri. Tapi tidak semua masyarakat yang “tutup kuping” atas masalah ini, ada pula masyarakat peduli lingkungan yang berusaha untuk menyelesaikan masalah ini. Tidak semua orang mengabaikan dampak industry kelapa sawit ini. Banyak kalangan yang protes namun suara mereka tidak didengar malah di anggap angin yang hanya numpang lewat saja.
                Masalah ini butuh kesadaran dari para industry. Karena mereka adalah tokoh utama dalam permasalahan. Semua kembali pada mereka sendiri. Kita hanya sebagai pendorong agar para industry sadar akan dampak dari perbuatan mereka.
               

0 komentar:

Posting Komentar